Cerdik Mengatasi Risiko Obligasi Agar Tidak Rugi | bisnissampingan.net
Latest News Cerdik Mengatasi Risiko Obligasi Agar Tidak Rugi

Cerdik Mengatasi Risiko Obligasi Agar Tidak Rugi

-

Ada berbagai investasi yang ditawarkan dan semua opsi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Fokus utama kami ketika membaca ulasan tentang investasi harus fokus pada pencapaian manfaat dan kemudahan yang akan diperoleh.

Meski begitu, jangan lupa memperhatikan risiko yang akan dihadapi sebelum berinvestasi. Ini sangat penting untuk dipertimbangkan untuk menghindari salah langkah dan mengakibatkan kerugian.

Obligasi atau yang sering disebut dengan surat utang memiliki jaminan hukum sehingga kita tidak dirugikan, yaitu:

  • Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002
  • Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008

Selain nilai kembali yang dianggap cukup tinggi, keberadaan peraturan tersebut membuat kami merasa lega karena jelas pemerintah melindungi investasi obligasi.

Tapi tunggu dulu, tidak semua jenis obligasi dilindungi oleh pemerintah dan ditanggung oleh APBN. Obligasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi hanya merupakan jenis yang diterbitkan oleh pemerintah, misalnya Surat Utang Negara atau SBN.

Nah, jika Anda memilih untuk berinvestasi di obligasi selain SBN, maka Anda harus memperhatikan beberapa risiko yang mungkin menimpa investasi kami.

1. Risiko wanprestasi

Ada risiko yang harus Anda hadapi ketika perusahaan sekuritas yang menerbitkan obligasi tidak dapat membayar kembali utang kepada Anda hingga batas waktu yang disepakati.

Ada banyak penyebab kondisi seperti ini, misalnya manajemen keuangan perusahaan efek yang buruk, menyebabkan kerugian atau manajer keuangan yang tidak bertanggung jawab yang melarikan diri dengan dana perusahaan.

Berbeda ketika kita berinvestasi dengan obligasi yang diterbitkan oleh negara. Jika kita berinvestasi dengan obligasi yang dikelola negara, ada undang-undang yang menjamin bahwa negara mampu melakukan pembayaran pokok kembali obligasi hingga batas waktu telah ditemukan.

Ini dapat dilakukan karena uang yang dikelola oleh negara untuk jaminan ini berasal dari anggaran negara dan dapat dikeluarkan setiap tahun.

… KLIK UNTUK BACA LEBIH LANJUT →

Pos itu dengan Cerdik Mengatasi Risiko Obligasi Sehingga Tidak Ada Kerugian muncul lebih dulu di Lifepal Media.

Latest news

ORI 017 Bukan Investasi Paling Menguntungkan untuk Kategori Risiko Kecil

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Manajemen Risiko (DJPPR) dari Kementerian Keuangan masih membuka penawaran untuk Obligasi Pemerintah Ritel...

Peran Siskohat dalam Program Haji Indonesia

Jumlah peziarah Indonesia setiap tahun selalu meningkat. Pada 2018, jemaah haji Indonesia mencapai 203.350 orang, naik 0,13 persen dari...

Investasi Syariah Dijamin Untung di Tabungan Sukuk, Inilah Fakta!

Indonesia kini telah memperdalam pasar keuangan, sebagaimana dibuktikan dengan kehadiran banyak produk investasi untuk investor ritel, mulai dari Obligasi...

Keunggulan Cashwagon dalam Memberikan Pinjaman Tunai Cepat

Cashwagon adalah layanan pinjaman berbasis teknologi keuangan (fintech). Model bisnis adalah pinjaman peer-to-peer atau pinjaman p2p. Dana dari pinjaman dan...

Pemeriksaan EEG untuk Catatan Otak, serendah biaya yang harus disiapkan

Gangguan epilepsi dapat terjadi karena masalah dengan impuls listrik pada permukaan otak. Untuk mengetahuinya, Anda tentu perlu melakukan pemeriksaan...

Ingin Mendapat Uang Tambahan? Ayo, Menjadi Agen BTPN Wow!

Di tengah perkembangan teknologi, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) terus berinovasi dalam memberikan layanan keuangan digital kepada...

Must read

ORI 017 Bukan Investasi Paling Menguntungkan untuk Kategori Risiko Kecil

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Manajemen Risiko (DJPPR)...

Peran Siskohat dalam Program Haji Indonesia

Jumlah peziarah Indonesia setiap tahun selalu meningkat. Pada 2018,...

You might also likeRELATED
Recommended to you